28.10.11

Sumpah Pemuda - 28 Oktober 1928

Budi Utomo - Organisasi pemuda pertama Indonesia


Sumpah Pemuda, merupakan peristiwa penting heroik bersejarah yang terjadi di Indonesia sebagai wujud kebangkitan pemuda - pemudi bangsa. Mereka bersatu menyerukan sumpah sebagai bentuk dari kecintaan terhadap tanah air. Pada masa penjajahan para pemuda berjuang bersama dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Banyak pergerakan - pergerakan yang mereka lakukan pada masa itu juga banyak badan organisasi kepemudaan yang terbentuk.

Seiring berkembangnya kemajuan di berbagai bidang, khususnya teknologi. Pergerakan pemuda juga banyak dilakukan di berbagai media jejaring sosial seperti facebook, twitter, linkedin, dan masih banyak lagi. Banyak dari mereka yang bersuara di tempat itu, karena merasa tak didengar oleh pemerintah tentunya.
So, apapun medianya tetaplah bersuara, pemuda !

Teks Sumpah Pemuda

Pada masa sekarang, masa setelah kemerdekaan. Pemuda yang ada seharusnya berkaca pada pemuda terdahulu yang memperjuangkan kemerdekaan. Kemerdekaan sekarang tentu berbeda artinya dengan kemerdekaan pada masa penjajahan.
Di masa ini, pemuda harus bangkit. Benar - benar melakukan sesuatu.
Misalnya kita bisa berkontribusi dalam mencerdaskan bangsa ini. Dalam pendidikan Indonesia, kita tahu bahwa tidak semua orang bisa merasakannya. Justru dari pendidikan lah orang bisa berubah menjadi pribadi yang lebih baik. Mendirikan taman baca, sekolah kecil untuk anak jalanan juga memungkinkan.
Dalam hal kesehatan juga, dalam hal perekonomian, bidang sosial dan budaya, dan lain sebagainya.



Sempat saya memikirkan beberapa hal yang ingin saya lakukan ketika nanti saya terjun ke masyarakat. Ya, semoga dengan pemikiran seperti ini, saya bisa merealisasikannya cepat-cepat. Amin !!

Sekedar selayang pandang saja itu unek-unek saya hehehe.. :)

Selamat hari Sumpah Pemuda, kawan !
Mari berjuang !!!



No comments:

Post a Comment