2.8.12

Bongkar..bongkar..bongkar ! - Compaq 515

Berita buruk :(
Lepi (panggilan sayang saya untuk laptop) mengalami kerusakan T.T
Berawal dari niat baik saya untuk me-install ulang, terdapat sebuah crash sewaktu proses install.
Beberapa kali di coba masih juga sama.
Setelah saya cek ternyata di dvd install-an itu ada sedikit goresan :(
Cuma bisa read-only.
Alternatif lain yaitu saya meng-copy dvd, tapi hasilnya tetap sama walaupun saya burn ulang.
Sayang saya gak punya dvd install-an cadangan.

Kebodohan lain adalah saya sudah mem-format drive C saya untuk tempat penyimpanan file windows yang baru.
Tapi ternyata proses install tidak berhasil, dan drive C pun gak ada file windows sama sekali. Mati.
Ya sudah kebetulan juga saya mau ke Bandung, saya minta tolong teman saya yang di sana untuk meminjamkan dvd windows-nya :)

Saya mampir ke kosan Mas Roy dan Iip, para master yang akan membantu saya hehehe :D
Setelah cerita sedikit, Lepi malah di installin sama mereka.. Aaaa, makasih :)
Mas Roy bilang, si Lepi ini panas banget..masalahnya mungkin ada di bagian processor-nya dan fan-nya kotor.
Dia bilang, "Mau saya kasih pasta gak processor-nya ? Biar adem sedikit"
Saya jawab, "Kalo dikasih pasta berarti dibongkar dong, mas ?"
*Hening sebentar*
Dia tanya, "siap gak ?"
Well, saya agak deg-degan juga...it's first time, dan takutnya malah gak bisa nyala lagi -_-
Dengan perasaan yang campur aduk, jadilah Lepi dipreteli. 


hardisk, dvd-rw, memory
Oh iya, saya kasih tahu dulu spesifikasi umum si Lepi  :)

Lepi : Compaq 515
Processor : AMD Athlon (tm) X2 DualCore QL-66 (2 CPUs),  ~2.2 GHz
Memory : 3GB DDR2
VGA : ATI Radeon HD 3200 Graphics 1404 MB (Display Mode : 1366 x 768 (32 bit) (59Hz))
HDD : 250 GB *merk-nya lupa


Memory


Karena ini pengalaman pertama saya nonton secara Live pembongkaran Lepi, si mas Roy ini kasih beberapa tips dalam hal pembongkaran :)

Pertama, sebelum proses pembongkaran sebaiknya kita cari dulu tutorial membongkar laptop. Cari juga tutorial pembongkaran laptop sesuai merk + seri laptop-nya :)

Kedua, siapkan peralatan untuk membongkar. Obeng lengkap. Kuas untuk membersihkan komponen bagian dalam. 

Ketiga, setiap baut yang dilepas tempatkan di tempat khusus dan kasih nama kalau perlu. Misalnya, baut di bagian hardisk diberi tempat tersendiri dan beri label nama, misalnya baut hardisk :D

Keempat, mesti hati-hati. Apalagi kalau bagian membuka keyboard. Harus penuh kelembutan lho nyongkelnya :D

Kelima, siapkan mental. Ini nih, yang bikin saya sempet down adalah ketika bagian LCD-nya dicopot, Gosh ! :(
Dan ketika dipasanag lagi ke keadaan semula ada kemungkinan lepi ga nyala. Untuk kasus saya, pemasangan memory kurang pas. Jadi ga terlalu deg-deg-ser deh hehee.. :p

pelepasan keyboard


congkeeeel T.T


LCD udah dilepas T-T

mendadak jadi tablet hahaha :D


motherboard inside

taraaa..ini dia :D
Mas Roy :D
the parts

Jangan lupa sambil dibersihkan juga ya..bagian dalam ternyata berdebu sekali terutama bagian fan-nya. Gunakan kuaas dengan bulu lembut :).
Setelah di bongkar-pasang lepi saya jadi lebih adem, ga panas, ga berisik hehee..
Untuk itu saya ucapkana banyak-banyak terima kasih kepada Mas Roy, Iip, Nuki-chan. Fita, dan lely yang sudah menemani saya hari itu. Thanks guys, indeed :*

No comments:

Post a Comment