13.2.12

Robusta vs Arabica

Sebenarnya saya masih bingung perbedaan dari kopi robusta dengan kopi arabika.
Yang saya tahu, kopi arabika itu kualitasnya lebih bagus dibandingkan kopi robusta. 
Tapi yang ingin saya ketahui lebih jauh adalah ketika saya minum kopi, saya ingin langsung menebak "Ohh, ini kopi Arabika...." atau "Ini kopi robusta, bisa dilihat dari rasanya yang bla bla bla....". 
Nampaknya butuh lidah dan penciuman yang sangat peka yaa -___-

Saya coba search ke berbagai sumber tentang kopi dan menemukan beberapa hal mengenai perbedaan kedua jenis kopi tersebut. So, mari saya coba rangkum. ok~.. :)

Kopi Robusta
  • Tanamanmya tumbuh lebih banyak buah dibandingkan dengan arabika.
  • Buah biji robusta tidak akan jatuh ke tanah kalau sudah matang.
  • Memiliki kandungan kafein yang lebih tinggi.
  • Memiliki rasa yang lebih seperti cokelat
  • Bau yang dihasilkan khas dan manis 
  • Warnanya bervariasi sesuai dengan cara pengolahan 
  • Memiliki tekstur yang lebih kasar dari arabika


Kopi Arabika
  • memiliki kadar kafein setengah lebih rendah dibandingkan robusta.
  • buah biji arabika yang matang akan jatuh ke tanah.
  • Aromanya wangi sedap mirip percampuran bunga dan buah. Hidup di daerah yang sejuk dan dingin 
  • Memiliki rasa asam yang tidak dimiliki oleh kopi jenis robusta 
  • Memiliki bodi atau rasa kental saat disesap di mulut 
  • Rasa kopi arabika lebih mild atau halus 
  • Kopi arabika juga terkenal pahit
So, silahkan dicoba dan tentukan selera Anda.
Happy coffee time~...

Thanks to winsscoffee :)

No comments:

Post a Comment