28.6.12

Syphon Coffee Maker

Ini sudah lama sebenernya, waktu itu sore hari saya janjian ketemu dengan coffeemate  saya yang baru kenal dan langsung akrab gitu aja hehee :)
Saya memanggil dia Teh Kei, sang developer :p
Kami janji ketemu di Parchous.

Sore itu, sambil menunggu teman,  first-drink saya teh leci..ini seger lho, coba ya kalau kemari :)
Kegiatan ngopi nanti saja pas teman saya sudah datang :)
Maaf gak sempat foto kesegaran teh leci ini, saya bisa dehidrasi nanti :p *ngeles

Gak lama kemudian teman saya datang, chit chat sebentar dan order lagi :D
Sore itu saya penasaran dengan yang namanya "Ristretto".
Soalnya, yang udah akrab di telinga tuh espresso dan dipresso.
Belakangan saya cari tahu dan nemu penjelasannya di wikipedia.

Ristretto adalah minuman kopi yang serupa dengan espresso tetapi menggunakan air yang lebih sedikit.Nama ristretto berasal dari Bahasa Italiayang memiliki arti "terbatas" atau "terlarang".Kopi ini mendapatkan namanya karena volume air yang keluar dari mesin penggiling kopi dibatasi tetapi waktu yang digunakan haruslah sama seperti pada espresso. Hal ini menyebabkan kopi ristretto menjadi lebih pekat dibandingkan dengan espresso.Volume kopi yang dihasilkan dalam pembuatan ristretto adalah sebanyak 0.5 hingga 0.75 ons dalam waktu 25 detik. Walaupun waktu yang digunakan untuk membuat ristretto sama dengan espresso tetapi volume kopi yang dihasilkan untuk ristretto hanyalah sebanyak setengah dari volume espresso.

Ristretto *creamer added


Kemudian teman saya, memesan kopi daerah jenis Wamena. Khusus kopi lokal ini, metode pembuatan kopinya pun berbeda. Dibuat langsung di meja pelanggan :)
Yup, bikinnya pake syphon :)
Jujur saja saya baru pertama kali melihat langsung pembuatan kopi pakai alat ini...Wow, really excited ! :D

syphon coffee maker

Syphon coffee maker ini terdiri dari beberapa bagian. Kita bahas dari bagian atas ya :)
Di bagian atasnya ini ada tabung untuk menyimpan bubuk kopi, tabung bulat di bawahnya untuk menyimpan air yang sudah mendidih. Di antara kedua tabung ini, ada selang berukuran sedang sebagai jalur masuk-keluarnya air antar tabung.

Nah, cara membuat kopinya, masukan bubuk kopi ke tabung atas, masukkan air yang sudah mendidih ke tabung kontainer air. Untuk memulai proses diperlukan api kecil dari tungku kecil berbahan bakar spirtus :)

tungku api spritus

Ketika proses pemanasan dimulai, air akan naik ke selang atau disebut funnel. Air akan naik ke tabung tempat bubuk kopi.
Proses air naik funnel

Air akan tercampur dengan kopi, setelah semua air naik ke atas kopi yang sudah larut ini akan turun lagi ke tabung kontainer air melalui funnel.  Nanti yang tersisa di tabung atas hanya tinggal ampas kopinya saja :)

Air yang sudah tercampur dengan kopi

kopi yang turun melalui funnel

Setelah kopi turun semua, kopi siap dihidangkan :)
Syphon ini menghasilkan kopi dengan metode brewing, bukan termasuk espresso.
Alat ini sendiri sudah dikenal di Eropa sejak tahun 1830.

ready to surupuuut :p

Aroma yang dihasilkan memang lebih kuat. Untuk rasanya agak kurang pahit menurut saya, terasa agak sedikit asam. Saya sendiri lebih menyukai kopi dengan menggunakan Vietnam drippFrench press, dan pour over . Lebih simple, gak ribet. Lebih enak juga rasanya hehee :D
But, it depends on how your taste fellas :)
Mari ngopiii~.. *angkat cangkir

cheers :)

Thanks to cikopi, for the syphon knowledge. You rocks, Mr. Tony \m/ :)


2 comments: