19.6.12

Surabi Tasik "Pak Asep" - The Hidden Great Taste

Kamis pagi saya ada janji sama kang Blackgerry buat nemenin nyari "mangsa" yang mau beli tiket seminar kreatif :)
Tapi ujung-ujungnya malah kulineran ini, padahal belum jam makan siang. Udah nyatronin dua tempat makan aja hahaa :D
Tempat pertama, sarapan telat di kupat tahu Samsat. Kedua, kami ke Surabi Tasik yang ada di Jalan Keramat.
Oke, saya mau ulas tempat kedua. Soalnya tempat ini menarik banget, kawan :D


Surabi Tasik, Hidden paradise in Keramat :p




Jadi, di daerah Jalan Keramat ini..jalan yang memang jauh dari jalan utama perkotaan. Ada sebuah kedai makan kecil, dengan kudapan khasnya itu surabi. Pertama kali menginjak tempat ini tuh rasanya nyaman banget. Konsep kedainya tuh lesehan, dan ini rumah panggung eh, salah jadinya kedai panggung :p
Terbuat dari kayu yang kebanyakan pakai batang pohon kelapa. Tradisional banget, etnik, sunda pisan lha :D

Hayu der ah kita liat menunya. 

the menu

Pertama-tama pasti lihat harga dulu :p
Tenang kawan di sini serba murah semuanya dibawah IDR 10K. Silahkan pesan sepuasnya !
Kami pesan surabi rasa susu keju, surabi rasa susu meses, bandrek india, dan minuman manis kayu seucang *penasaran saya sama ini*

Sambil nunggu pesanan datang, saya keliling-keliling tempat ini. Ga tau deh, saya betah banget di tempat ini. Cuaca di luar panas banget, dan di dalam sini adem abis ! :D

kucing dan dapuran
order here ! :)
FYI mereka makan surabi rasa gula #okegakpenting
adonan surabi dalam batok kelapa

surabi's pan :D
Kemudian saya ke bagian pinggir kedai ini. Di sini ada bangku juga, dengan suasana yang terbuka.
Semacam bangku taman mungkin. Tapi ini merupakan kebun pala :D
Di sini ada sebuah kandang yang dihuni oleh tupai. Lucu deh :3


halaman pinggir :p
bangku taman
tupai ini sumpah ga bisa diem :p
dibawah pohon pala :p
Daerah Jalan Keramat ini, termasuk daerah atas jadi suasananya asri, adem, anginnya sejuk walaupun hari itu panas :)
Puas saya mengelilingi bagian pinggir kedai ini, saya kembali lagi ke tempat saya. Dan makanan pun sudah tersedia wuhuuuu~ :*

Minuman manis kayu seucang

Kayu seucang ?
Saya juga belum pernah dengar ini, saya tanya ke ibu penjualnya..ibu bilang kayu seucang ini bagus untuk kesehatan mata.
Jadi, air rebusannya *nanti dia berwarna merah* dioles-oles saja ke mata.

surabi rasa susu meses
Bandrek India

Minuman bandrek juga tentu punya khasiat yang bagus untuk tubuh sebagai penghangat badan, bandrek India di sini terbuat dari berbagai rempah-rempah seperti bandrek pada umumnya. Dan kenapa pake embel-embel India ?
Soalnya bandrek ini diberi tambahan rempah 'kapulaga' khas India, emm..saya lupa namanya :p
Untuk surabi di sini, enaaaaaak~ :3
Makian~ (mari kita makan) :p

So far, saya puas bisa tau tempat ini. Tempat, nyaman banget sampai saya pengen buat tidur siang di sini..anginnya itu lhoo sepoooiiii~ :3
Makanan, ahh..apalagi ini sesuatu yang tradisional memang selalu enak, kawan. Enak dan unik.
Big thanks to Tante Kei dan Abah Gerry :)

Mari pesan yang lain, karena di tempat ini bertebaran banyak buah kelapa maka, kita coba pesan.
Ibunya bilang, "mau kelapa merah apa kelapa ijo, neng ?"
Hah, merah ? -__-
Oke, yang merah saja bu :D

kelapa muda merah *atasnya pink padahal*

Pikir saya sih, yang merah itu sampai ke daging dan air kelapanya. Ternyata tidak, yang berwarna merah itu ada di bagian sabutnya saja.
Saya bertanya apa bedanya dengan kalapa ijo, bapak yang sedang membelah kelapa bilang, yang merah ini kebanyakan dipakai untuk pengobatan. Ya,manfaatnya lebih bagus dibandingkan kelapa ijo :)


si kelapa :)

Untuk rasa sih tidak ada bedanya dengan kelapa ijo. Kelapa di sini mudanya bener-bener deh, air kelapanya  banyak. Segar sekali huaaaa T~T

Makin siang, makin panas tapi di tempat ini malah makin adem. Apalagi kalau ada angin...ahh, ajakan untuk tidur siang :p
Entah berapa kali saya menguap di sini. Si Ibu sama kucingnya aja sampai tertidur :D 

Ibu dan kucing :)
Selain surabi, di sini juga ada makanan yang berbahan telur. Namanya asik deh, telur bakar :)
Sayang saya ga pesan ini, tapi lihat orang lain yang pesan sih nampak enak. Lain kali deh yak.
Di sini tersedia telur ayam dan telur bebek.

si ayam :D *maaf,saya iseng aja ini*
si bebek :D *iseng juga haha*

Tempat pembakaran surabi ini, saya suka sama cerobong asapnya :)
Saya jadi inget cerobong asap di pabrik kina di Bandung yang baunya menyengat itu :p #kontras
Lihat-lihat lagi yuuu~ :)

cerobong, sinterklas ga boleh masuk :p
dibuat dari tangkai buah kelapa, keren !
kulit kucing yang diawetkan, kuciiiiing  T_T
feels the surabi :)


Ketika mau pulang, kucing pemilik kedai menghampiri kami dan malah tidur. Ahahaa, kocak banget ini kucing :D
Baru kali ini saya lihat kucing dengan wajah yang sangat-sangat ngantuk, tidur dengan sangat aktif *gerak sana-sini*
Dan pose terakhir yang bikin ngakak buahahaa :D

pose ini nih :p
Cat's model :D T
Mampir ke sini deh, kawan :D
Detail tempatnya sih emm, dari pesantren Hayattan Thoyibah kalian nanti ambil ke arah kanan *dari arah STIKES* terus aja ikutin jalur itu. 
Nanti di sebelah kiri ada warung kecil, spanduk-nya terlihat kok kalau itu Surabi Tasik "Pak Asep" :)
Di sini pasti bakal dilayani dengan ramah, bebas mau duduk dimana aja, mau lama-lamaan juga boleh, asal jangan ketiduran aja di sini hehee :p
Buka dari pagi kok :)

No comments:

Post a Comment