30.6.11

Tanah Kerinduan : Sukabumi

Di mana senyum menghias di ujung bibir
Di mana insan hidup tentram serta damai
Di mana nyiur memagar di tepi pantai
sawah ladang nan luas
padi kuning mengemas
hutan dan gunung menghias
Disetiap waktu angin berlalu
terdengar lagu nan merdu
Di sana tanah tumpah darahku
Indah dan kaya raya
Dimana tempat cinta kasih handai taulan
Ibu bapak saudara semua jadi kenangan 
bila ku di rantauan

Itu merupakan lirik dari "Lgm. Tanah Kerinduan" yang dinyayikan oleh Sundari Soekotjo dan bergenre kroncong. Ini lagu favorit saya :)
Alunan musik kroncong selalu menyihir saya. Pikiran tenang...rileks..hehe, terbawa alunannya.
Setiap dengar lagu ini lamunan saya tertuju pada kampung halaman saya, Sukabumi, Menurut saya liriknya benar - benar menggambarkan sekali keadaan kampung halaman saya ini. Dan bila saya sedang homesick dan dengar lagu ini rasanya pengen nangis aja *garuk garuk tanah :'(*




Sekarang bercerita tentang Sukabumi. Dulu waktu saya masuk kuliah setiap ada yang tanya asalnya dari mana saya jawab "dari Sukabumi", reaksi yang nanya kalau tidak tahu "itu dimana yah ?" -__-'
Tapi saya yakin sekarang tidak ada yang tidak tahu tentang Sukabumi, di TV sudah banyak tayangan tentang wisata Sukabumi :)

Sukabumi terletak pada bagian selatan tengah Jawa Barat, terletak di kaki Gunung Gede dan Gunung Pangrango. Suhu di Sukabumi maksimumnya 29 °C. Sejuk sekali ^^
Kota ini terletak 120 km sebelah selatan Jakarta dan 96 km sebelah barat Bandung.
Info tentang letak Sukabumi : di Wikipedia

Sukabumi memiliki banyak potensi wisata diantaranya wisata alam, wisata bahari, wisata sungai, wisata kuliner, wisata religi, wisata sejarah dan wisata seni budaya. Kebanyakan potensi yang ada ini ada di kabupaten Sukabumi. Kalau kotanya sih sudah mulai dipenuhi ruko dan mal, belum lagi mulai banyak pembangunan Villa dan perumahan yang berkonsep  sama. Ahh, saya tidak terlalu suka..saya suka kota Sukabumi yang dulu :'(

Karena saya kuliah di luar Sukabumi, setiap pulang ke Sukabumi pasti saya sempatkan untuk mendatangi tempat wisatanya. Paling sering sih saya ke daerah Situ Gunung, Kadudampit. Di sini terdapat sebuah danau biasa disebut Situ (danau) Gunung, karena memang terletak di kaki Gunung Gede dan beberapa mata air terjun, yang paling sering saya datangi adalah Curug (air terjun) Sawer. Biasanya saya hiking dengan sahabat - sahabat saya tercinta :) 


Di perjalanan seperti ini suguhan pemandangannya

lembah berkabut

Jembatan bambu *asik loncat - loncat di sini :p*

Curug Sawer

Turun ke air wajib hukumnya !


cukup dalam di bagian ini, hati - hati :)

Curug Sawer ini banyak sekali peminatnya, orang - orang yang biasa saya temui di sini seperti siswa - siswa SMP dan SMA, ada juga yang dari kampus atau universitas dari Sukabumi sendiri maupun kota lain seperti Jakarta dan Bogor. Pernah saya bertemu rombongan dari UNAS yang sedang diklat di daerah Situ Gunung ini. Air terjun ini mempunyai air yang sangat, sangat jernih dan DINGIN, kawan !! Tapi itu yang membuat saya ingin kembali ke tempat ini, karena menyegarkan sekali ! So, terjun ke air menjadi godaan yang tak bisa saya tahan :)

Trek yang biasa saya lewati, setelah dari Curug Sawer pasti pulang melewati Situ Gunung-nya. Dan jalannya itu wahh..extra waspadalah kalau melalui trek ini karena sangat menanjak curam dan cukup licin. Belum lagi kalau kita apes bisa ketemu dengan salah satu penghuni hutan ini -__-'


tangga ini pintu menuju kawasan hutan

Berfoto dengan latar Situ Gunung

Pohon di sebelah kami ada monyetnya lho

Situ Gunung ini banyak digunakan orang untuk kegiatan wisata seperti memancing, berkemah, dan ada flying fox juga. Selain danau dan air terjun, hutan di sini juga menjadi kawasan hutan lindung. Banyak hewan yang kami temui,  biasanya kami bertemu monyet dan tupai atau bajing sedang lompat - lompat di pohon.

Selain Situ Gunung, danau yang serin saya kunjungi adalah Situ Cijeruk di daerah Cijeruk, Goalpara. Kebetulan pemakaman keluarga saya ada di daerah ini, jadi kalau melayat pasti melewatinya. Danaunya sangat indah sekali dengan latar Gunung Gede yang kokoh menjulang.

sayangnya tertutup awan


Di seberangnya hamparan sawah hijau membentang

Ya, alam Sukabumi memang menakjubkan sekali. Saya bangga sebagai penduduknya :)

Selain wisata alam pegunungan, saya juga bermain - main ke daerah pantai. Pantai yang biasa saya kunjungi adalah pantai Pelabuhan Ratu. Tahu legenda Nyai Roro Kidul kan ? Ini lah tempat asalnya itu. 

salah satu tempat menjemur ikan

sunsetnya agak mendung :(

Bersama temang memang lebih seru

Bunyi dari hantaman ombak dengan batu ini sangat keren :D

Daerah Pelabuhan Ratu ini merupakan ibukota dari kabupaten Sukabumi. Masih banyak pantai - pantai di sekitar Pelabuhan Ratu ini, sayang saya ngga hapal. :)

Lalu, wisata kuliner yang biasa saya kunjungi ketika di Sukabumi adalaha Bandros Ata. Wah, tempat ini walaupun kecil tapi selalu ngantri kalau meu mencicipi bandrosnya yang khas itu. Selain menyuguhkan bandros, di sini juga terdapat menu minuman seperti kopi susu, teh, susu, dan bandrek. Favorit saya adalah sepiring bandros dan kopi susu. Wah, kopi susu di sini bikin ketagihan. Racikannya pas sekali, saya suka :)

Ini dia ! 

Di Sukabumi juga sekarang terdapat waterpark. Yang saya ketahui diantaranya Cibiru dan Amazon Waterpark

Amazon Waterpark

Arena bermain :)

Prosotan melingkar
Cibiru Swimming pool

Salah satu wahananya

Ya, Sukabumi memang banyak sekali potensi wisatanya. Ingin saya bisa mengunjungi tempat lainnya, terutama untuk naik gunung ke Gunung Gede.. ini impian saya :)
Sukabumi, membuat orang selalu tidak ingin pergi dari kota ini. Jangankan saya, para pelancong dari luar kota  pun selalu rindu ingin kembali. Ini dikarenakan kondisi Sukabumi yang mempunyai udara yang segar dan nyaman. Sesuai dengan asal usul namanya, Sukabumi berasal dari bahasa Sunda yaitu Suka-bumen yang artinya mengingat udaranya yang sejuk dan nyaman, mereka yang datang ke daerah ini tidak ingin pindah  lagi, karena suka atau senang bumen-bumen atau bertempat tinggal di daerah ini. Maka, datang dan berkunjunglah...nikmati dan kenanglah :)

I Love Sukabumi :*

No comments:

Post a Comment