5.9.12

Kedai Kopi Purnama

Bandung, 19 Juli 2012
Ini hari spesial buat saya :)
Kenapa ? Ahh, nanti saya cerita belakangan  ya..sekarang saya mau cerita tentang sebuah kedai kopi tertua di Bandung.
Dan saya sedang bersama dia :)

Kedai ini yang saya cari-cari. Sebelumnya saya mampir dulu ke Kopi Malabar untuk beli kopi titipan teman dan untuk stok saya di rumah.
Setelah perbincangan saya, dia dan Koko juga setelah selesai bertransaksi saya bertanya tentang letak pasti Kopi Purnama ini. Soalnya saya cuma tahu alamatnya tuh di Jalan Alkateri.
Untung Koko hapal tempat itu :)
Lucky us, ditunjukin rutenya..lumayan dekat, jadi saya dan dia berjalan kaki menyusuri Gardu Jati sampai Alkateri.

Dan ketemu ! :)
Pertama saya sangat suka dengan papan reklame kedai ini..ah, maaf ga sempat ambil foto..nanti saya tambahkan kalau mampir lagi ke sini..I promise :D

pintu utama :)
Kedai Kopi Purnama ini terletak di daerah pecinan di Kota Bandung. 
Alamat lengkapnya Jalan Alkateri no. 22 Bandung.
Patokannya kalau nemuin Hotel Golden Flower di Asia Afrika, tepat samping kiri hotel ini ada jalan kecil. Nah, itulah jalan Alkateri..masuk dan jalan sebentar ketemulah dengan kedai ini :)


Suasana jalanan di sini ga crowded, adem banget lho..beneran, saya aja betah.
Begitu masuk ke kedainya pun..ahh,aroma kopi menyeruak tajam. Sukaaaaa  T~T
Mari kita pesan sesuatu...kami pesan kopi susu, roti panggang srikaya, dan teh tubruk.

buku menu

Teh tubruk
Maaf untuk foto kopi susu dan rotinya ga ada, udah masuk perut duluan hehehee :p
Saya juga pesan Risol Rougout Ayam dan itu bikin orgasme lidah..enak bangett ! :*

Cerita tentang Kopi Purnama..kedai ini merupakan kedai kopi tertua di Bandung. Berdiri sejak tahun 1920-an.. WOW !
Konsep tempatnya sejenis kopitiam. Pendirinya *saya lupa namanya :p* merupakan orang Medan :)
Perabot kursi meja di sini semuanya masih asli dari pertama kali kedai ini berdiri, tidak ada yang berubah. Padahal sudah empat generasi, tapi keaslian tempat masih terjaga. Dan ini menjadi daya tarik tersendiri dari kedai ini :)
Selain menjaga keaslian suasana, resep yang digunakan di setiap menu di sini juga sama. From old school times :D
Apalagi kopi susunya yang sangat enak dan tersohor itu..wahh, sumpah memang enak kopinya.
Katanya di sini memakai kopi dari Koffie Fabriek Aroma..emang deketan juga sih tempatnya :)





Saya sangat suka dan betah di tempat ini. Pintu utama dan jendela besar yang selalu terbuka, membuat angin yang sejuk masuk ke dalam. Adem sekali, kawan :)
Musik yang diputar disini juga ga kalah adem..alunan musik jazz dan kroncong sangat mendayu-dayu.
Di dinding kedai ini di pasang berbagai potret figur pendiri, sobekan majalah atau surat kabar yang mengulas Kopi Purnama, juga poster-poster iklan jaman dulu :D

salah satu sudutnya :)
Dan yang menarik lagi di sini, banyak pedagang luar yang boleh masuk ke dalam kedai untuk menawarkan dagangan mereka. Kebanyakan pedagang ini juga menjula makanan ringan seperti kue-kue basah, jajanan pasar, dan peuyeum. Sungguh harmonis sekali ikatan antar pedagang ini :)
Kehangatan di tempat ini benar-benar terasa apalagi ditemani oleh dia, super hangat :)

pedagang kue dan pembelinya :)
Dan ketika saya melihat ke langit-langit kedai ini, saya suka dengan lampunya :)
Klasik sekali.
lampunya cantik :)

pintu menuju dapur
kasir
Kedai ini mulai buka pada pukul 7 pagi sampai sore. Menu yang ditawarkan di sini banyak juga lho :D
Tentu menu yang khas dari jaman dulu pun ada, seperti Roti Palm Suiker, yang mungkin menyimpan kenangan yang sama di benak kita, karena sering disajikan sebagai menu sarapan di rumah semasa kecil. Selembar roti bertabur butiran gula palm (gula aren) halus.
Kalau bicara soal menu favorit, ada Roti Gulung Telur Ham roti dengan cita rasa asin. Roti lapis ham berselimut telur dadar ini cocok dilahap dengan cocolan saus sambal.

Namun perlu diingat, menu ham dan beberapa menu seperti sekba mengandung daging babi. Baiknya menanyakan sebelum memesan. Untuk pilihan menu yang lebih aman, bisa memilih pisang keju, nasi ayam, nasi sop buntut, nasi goreng, nasi soto bandung, nasi rawon, nasi timbel komplit, nasi gulai, gado-gado atau kentang sosis. Untuk harga menu di sini termasuk murah kok, gak bakal bikin dompet kempes :)
Tempat ini sangat reccomended lha :D

No comments:

Post a Comment