30.9.11

Nilai Moral : Saling Menghargai dan Menghormati

Entah angin apa yang ngebuat saya pengen nulis tentang ini. Padahal hari ini cuaca lagi cerah sekali...tapi saya emang lagi sering buang angin *masuk angin -___-* #gajee

Judul yang saya pake, anak SD pun sudah mempelajarinya di mata pelajaran PKN. Oops, mari singgung kata "anak SD". Well, berarti dari umur bocah ingusan ini kita tuh udah diajarkan bagaimana menghargai dan menghormati satu sama lain. Yang muda pada yang tua, yang tua pada yang muda, dan yang seumuran juga.
But, nyatanya tak semudah membaca materi PKN-nya itu ! Tetep aja ada yang slengean, apalagi anak muda jaman sekarang..anak SD pun tak lepas dari ini.

Contoh kasus 
Anak SD nih, dia tinggal ama neneknya. Orang tuanya kerja jadi TKI. Kasihan. Tapi, sayang nya tuh anak ini kebangetan. Begini yah, dia kan diurusin tuh sama neneknya, baju dicuciin ama neneknya, tiap mau mandi disedian air panas. Tapi, feedback yang anak ini kasih : ga pernah bilang makasih, selalu nakal, beberapa pintu dan jendela udah berapa kali dia  hancurin, menentangnya luar biasa sama si neneknya. Nenek, tetap semangat yahh... :'(

Tahu pengemis kan ? yang suka mangkal di lampu merah. Waktu itu, ada ibu dan bapak. Bapaknya buta, ibunya nuntunin. Tiap lampu merah, mereka beraksi mengelilingi setiap mobil. Nah, waktu itu ada mobil yang..sebenernya pengemis itu udah ngiterin mobil itu, tapi pas detik-detik terakhir terlihat orang yang duduk di bangku penumpang depan mau mengeluarkan uang dari sakunya. Pengemis juga liat, terus mereka mendekati mobil itu. Udah deket pintu, padahal masih bisa itu uang nyampe ke tangan pengemis. lampu merahnya berubah jadi ijo. Mobil melaju, tapi uangnya malah masih di tangan si penumpang depan. Akhirnya dia melempar uang itu ke jalan, pengemis lari-lari ngejar uang jatuh itu, takut keburu diambil pengemis yang lain. Mereka memang pengemis tapi ga perlu juga diperlakukan seperti itu :(


Sekarang para pelajar juga, kalau lewat di depan orang yang lebih tua. Jarang saya lihat yang membungkukkan badannya sedikit, bilang "punten" *orang sunda*, ngasih senyum sedikit setidaknya. Ya, pelajar itu lewat seolah-olah tidak ada orang aja gitu di sana.

Belum lagi, anak SMA sekarang yah apalagi yang sedang labil-labilnya tuh. Sekalinya dikasih tugas sama gurunya, atau dia dihukum oleh gurunya di sekolah. Langsung aja mereka seenaknya update status atau ngtweet ngejelek-jelekin guru itu. Ngomongnya juga kasar, bukan ciri khas anak terdidik. Tak ada rasa hormat pada gurunya -.-

Lalu, kisah tukang bakso.
Iya, ini tukang baksonya curhat sama saya. Waktu itu saya mampir ke tukang bakso langganan. Sesudah pesan, saya masuk ke dalam dan duduk-duduk di sana. Ada di belakang saya, pemuda pemudi yang lagi pacaran sambil makan siang. Saya lihat mereka pesan mie ayam. 
Pesanan saya datang. 
Pasangan itu terlihat lagi ngobrol "udah ini mau ke mana,yang ?" *cowok* "emm, ga tau" *cewek*
Terus mereka pergi, saya khusyuk dengan bakso saya.
Tukang baksonya masuk terus ngeberesin meja yang tadi dipake orang pacaran.
Melihat mangkok mereka, tukang bakso nya bilang ke saya "Hmm, udah sering kesini, duduknya lama, makanannya ga abis sampe setengah pun ga."
Saya, "oh gitu ya mas".
Mas, "iya neng, ga ngehargain banget padahal saya udah capek-capek bikin seenak mungkin biar pelanggan saya puas. Kalo liat mangkok masih berisi begini sih..." *terlihat kecewa si mas nya*
"Bayar sih bayar, tapi tetep aja ga ngenakin neng", lanjut si mas nya.
*Dari situ saya bilang ke diri sendiri kalo di tiap tempat makan, di mana pun, harus ngabisin makanan yang udah dibuatin*

Hmm, sebenernya masih banyak kejadian serupa di kehidupan sehari-hari.
Kita sebagai generasi penerus, jangan sampai kehilangan nilai moral ini ! Jangan sekali pun !
Percuma juga dari TK, SD kita udah diajarin hal-hal begini tapi tidak diterapkan.
Yang sudah melakukan, ayo lanjutkan.
Yang termasuk ciri-ciri di atas, C'mon, save your life !
Mudah kok. Apa susahnya, teman-teman. :)



No comments:

Post a Comment