4.7.11

Night in Sukabumi : "Bandros Ata"

Bandros merupakan salah satu makanan cemilan khas Jawa Barat yang terbuat dari campuran terigu, telur bebek,mentega,daging kelapa. Cetakannya seperti kue pancong. Di Sukabumi masih bisa kita temui banyak yang menjual bandros di pinggiran trotoar. Bandros yang paling terkenal di Sukabumi adalah Bandros Ata. Nama "Ata" itu sendiri diambil dari nama pemilik  nya, Mbah Ata dan resep bandrosnya pun diwariskan secara turun - temurun, ini yang membuat bandros ini sangat enak dan terjaga kualitasnya sehingga beda dengan yang lain. Bandros disini ada 2 varian, yang biasa dan rasa cokelat. Konon katanya Bandros Ata ini sudah ada dari tahun 1945-an. Wahh, ini legenda namanya :)

Bandros Ata ini mulai buka sekitar jam 8 malam dan tutup sekitar jam 5 pagi. Tempatnya selalu ramai dan selalu antri. Bandros Ata ini tidak memiliki tempat yang besar, hanya sebuah tanggungan *sejenis media berdagang yang biasanya dipanggul di bahu oleh pedagangnya* di atas trotoar di depan sebuah warung sembako. Untuk duduk pun hanya disediakan kursi  plastik dan mejanya yang disimpan begitu saja di sekitarnya. Cocok untuk menjadi tempat tongkrongan bersama sahabat dan keluarga.

suasana Bandros Ata



selalu ramai sampai dini hari

Selain bandrosnya yang enak, kopi susu di sini juga tidak kalah enaknya. Kopi susu dan bandros cokelat menjadi favorit saya di sini :)
Di sini juga tersedia berbagai macam minuman yang cocok dengan dinginya Sukabumi di malam hari selain kopi ada juga  susu, teh, dan bandrek. Cemilan lain di sini yaitu telur ayam kampung setengah matang, biasanya disajikan di gelas bisa dicampur dengan garam dan merica sesuai selera kita. 


The taste is so masterpiece ! 

Untuk harga, di Bandros Ata ini tergolong sangat murah. Untuk bisa menikmati sepiring bandros anda cukup menyediakan uang Rp. 3.000,- untuk yang biasa, dan yang coklat sekitar Rp. 5.000,- saja. Harga minuman pun bervariasi dari Rp. 3.000,- sampai Rp. 6.000,-. Semua harga dibawah Rp. 10.000,-.
Murah sekali bukan ?

Kalau mengunjungi kota Sukabumi, jangan lupa untuk mampir ke Bandros Ata yang beralamat di Jl. Gudang no. 4, Sukabumi. Buka setiap hari lho :)
Nikmati rasa dari sang legenda !



2 comments:

  1. Bandros Ata..mmmmm bayangin dulu aja rasaya, sisanya cpt2 ke Sukabumi..jd kangen kuliner Sukabumi..Thax informasinya :-)

    ReplyDelete
  2. Bandros Ata..yg melegenda dan rasa luar biasa dr sukabumi..Missed that moment, mudah2an bs balik ksana lagi..thax informasinya :-)

    ReplyDelete